Jejak Karya

Jejak Karya

Monday, August 12, 2024

TAHAP ULAT INI MAKANANKU PEKAN 4



Alhamdulillah memasuki pekan ke-4 TAHAP ULAT, saya semakin mantab bergabung di Keluarga JOURNALING. Meskipun kami hanya beranggotakan 5 orang, tapi saling support n semangat belajarnya menyala banget bestiiii... Masya Allah.

Pekan ini kami ber-5 belajar untuk keluar dari zona nyaman dengan GO LIVE. Live dengan durasi max 15 menit untuk menyampaikan materi atau sharing yang berhubungan dengan bahasan/materi sesuai dengan keluarga masing-masing. Nah, keluarga kami pun membahas seputar dunia jurnaling.


Ini Makanan Besarku





Dari Mbak Icha, saya belajar banyak tentang manfaat jurnaling. Benar sekali yang beliau sampaikan, berdasarkan pengalaman pribadi saya, kegiatan menjurnal bisa jadi sarana tracking perjalanan hidup dimana kita bisa merenungi kembali, berkaca kembali, dan berusaha lebih baik lagi ke depannya. 

Selain itu, kegiatan menulis jurnal juga bisa membantu kita untuk release emosi, menjadikan pikiran lebih cemerlang (karena manajemen waktu lebih tertata dan tercatat) dan hati lebih tenang.


Nah, dari Mbak Ayuk saya belajar bahwa rutinitas harian bisa lebih terdokumentasikan dengan baik, bisa drencanakan dengan lebih mateng, bahkan bisa dievaluasi dengan Aktivitas menulis jurnal. 
Seringkali kita merasa 24 jam sehari kok kayaknya nggak cukup ya buat mengerjakan seabrek amanah. Nah, ini bisa kita siasati dengan rutin menulis jurnal. Misal menulis to do list harian, agenda pekanan, target², dll.


Yes, bener banget Mbak Retno! 
Aktivitas Journaling bisa jadi sarana untuk Healing. Saya sudah membuktikannya. 
Pikiran yang ruwet, segala macam overthinking bahkan insecure bisa berkurang bahkan hilang dengan aktivitas journaling yang saya lakukan.


Selanjutnya...
INI MAKANANKU PEKAN INI

Buku 5-Minutes Mindfulness Journal


Journaling adalah menuangkan seluruh pikiran, perasaan, resolusi dan harapan kedalam bentuk tulisan. Menulis jurnal mampu memusatkan perhatian kita kedalam aspek positif dalam hidup kita. Ketika kita rutin menuliskan perkembangan dan kemajuan dalam hidup, kita jadi bisa memantau sejauh mana usaha yang telah kita lakukan dalam mewujudkan mimpi yang telah kita tuliskan.

Secara keseluruhan saya sangat suka dengan journal planner ini. The Saleha Planner: 5-Minutes Mindfulnees Journal. Sesuai dengan namanya hanya dengan 5 menit kita sudah bisa mengisi jurnal ini, kegiatan journaling ini bisa kita lakukan di subuh/pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian kita, sehingga jatuhnya sebagai planner atau bisa kita isi di malam hari menjelang tidur sebagai refleksi harian kita.

Buku ini sangat rekomen buat teman-teman yang ingin memulai aktivitas Journaling. Insya Allah dapat membantu teman-teman dalam memanajemen waktu dan rutinitas harian. Saya pun belajar agar setiap detik dalam hidup saya menjadi lebih bermanfaat dengan menulis jurnal harian. Setiap resolusi yang telah disusun bisa berjalan dengan baik dan sampai ke tujuan yang saya inginkan. 

Semangat menyongsong hari-hari yang penuh kejutan!

HAVE A BAROKAH DAY!


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Salam,


Keisya Avicenna